PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA


Pemusnahan Alat  Laboratorium IPA Tidak Terpakai

   Terdapat berbagai macam alat laboratorium dengan berbagai fungsinya yang berbeda:
1.   Mikroskop
Mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat objek yang sangat kecil yang tak bisa dilihat secara kasat mata. Alat ini biasanya ada disetiap laboratorium untuk mengamati mikroskopis atau organisme berukuran kecil. Mikroskop terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian optik dan non optik.
2.   Lup
Lup adalah kaca pembesar berbentuk bulat cebung dengan pegangan yang terbuat dari plastik atau alumunium .Secara sederhana, Fungsi lup adalah untuk memudahkan para peneliti melihat suatu objek menjadi terlihat lebih besar dari ukuran yang dimilikinya
3.   Stetoscope
Stetoskop adalah sebuah alat medis akustik yang digunakan untuk memeriksasuara dalam tubuh. Semisal suara jantung dan pernapasan. 
4.   Autoclave
Autoclave digunakan untuk mensterilkan alat- alat atau perlengkapan medis atau laboratorium dengan material uap tekanan tinggi jenuh pada 121 ° C selama sekitar 15-20 menit. Pada dasarnya alat ini bekerja seperti penanak nasi.
5.   Kotak Genetika
Kotak genetik adalah kotak yang terbuat dari plastik atau kayu yang berisi 500 kancing dan terdiri dari 5 warna berbeda. Fungsi kancing- kancing genetik tersebut adalah untuk menyelidiki kemungkinan kombinasi gen dan juga prinsip prinsip genetik lain seperti persilangan dihibrid, monohibrid, epistasis, kriptomeri dan hipostasis.
6.   Alat-alat laboratorium (pinset dll)
Alat ini adalah salah satu dari sekian banyak alat alat laboratorium biologiyang memiliki fungsi sebagai alat bantu mengambil preparat atau bagian tubuh hewan yang dibedah, agar tidak terkontaminasi. 
7.   Atmometer
8.   Panci bedah/pisau bedah
9.   Torso dll

Peralatan laboratorium dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu:

1.   Peralatan consumable adalah peralatan laboratorium yang digunakan sekali pakai rusak atau dibuang atau dapat juga sekali pakai pecah atau mudah pecah. Yang termasuk peralatan ini adalah alat gelas, pipa gelas, pipa karet, kertas saring, kertas kromatografi, dll.
2.   Peralatan non-consumable adalah peralatan laboratorium yang dapat digunakan terus-menerus dan bukan sekali pakai. Yang termasuk peralatan ini adalah pembakar gas, mikroskop, peralatan elektronik, dll. Sebaiknya mikroskop dan peralatan elektronik disimpan terpisah.

Laboratorium yang baik adalah laboratorium yang tidak hanya memperhatikan masalah ketelitian analisa saja. Akan tetapi laboratorium yang baik juga harus memperhatikan masalah pembuangan limbah. Limbah yang dibuang sembarangan, jika masuk ke badan air tanah dan mengalir ke pemukiman penduduk akan menimbulkan bahaya. Terutama logam-logam berat. Jika tidak ditangani dengan baik dapat membahayakan makhluk hidup dan merusak lingkungan.
Secara umum dalam pembuangan limbah terdapat beberapa metoda, metoda? pembuangan limbah laboratorium tersebut terbagi atas empat metoda. Metoda-metoda tersebut adalah sebagai berikut :
1.   Pembuangan langsung dari laboratorium. Metoda pembuangan langsung ini dapat diterapkan untuk bahan-bahan kimia yang dapat larut dalam air. Bahan-bahan kimia yang dapat larut dalam air dibuang langsung melalui bak pembuangan limbah laboratorium. Untuk bahan kimia sisa yang mengandung asam atau basa harus dilakukan penetralan, selanjutnya baru bisa dibuang. Untuk bahan kimia sisa yang mengandung logam-logam berat dan beracun seperti Pb, Hg, Cd, dan sebagainya, endapannya harus dipisahkan terlebih dahulu. Kemudian cairannya dinetralkan dan dibuang.
2.   Pembakaran terbuka. Metoda pembakaran terbuka dapat dterapkan untuk bahan-bahan organik yang kadar racunnya rendah dan tidak terlalu berbahaya. Bahan-bahan organik tersebut dibakar ditempat yang aman dan jauh dari pemukiman penduduk.
    

3.   Pembakaran dalam insenerator. Metoda pembakaran dalam insenerator dapat diterapkan untuk bahan-bahan toksik yang jika dibakar ditempat terbuka akan menghasilkan senyawa-senyawa yang bersifat toksik.





4.   Dikubur didalam tanah dengan perlindungan tertentu agar tidak merembes ke badan air. Metoda ini dapat diterapkan untuk zat-zat padat yang reaktif dan beracun
Dari artikel di atas saya ingin berdiskusi tentang beberapa hal:
1. Sudahkah di sekolah tempat anda mengajar  melakukan pemusnahan alat dan bahan          seperti diatas? Jelaskan!
2. Siapakah yang bertanggung jawab dalam pemusnahan alat dan bahan di laboratorium?
3. Adakah standart khusus yang ditetapkan dalam pemusnahan alat labor
    torium? Jelaskan!


Komentar

  1. Menanggapi pertanyaan nomr 2, yang bertanggung jawab akan pemusnahan alat labor tentu seseorg yang ahli dalam hal itu, contohnya tenaga laboran atau guru mata pelajaran, krn setiap alat dan bahan itu dimusnahkan dengan cara yang berbeda2, contohnya bahan yg mengandung gas tentu akan berbeda cara pemusnahannya dengan bahan yang bersifat toxic jadi sebaiknya diserahkan kepada laboran, teknisi, atau guru mapel yg bertanggung jawab, terimakasih

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas ulasannya. Menanggapi pertanyaan terakhir Adakah standart khusus yang ditetapkan dalam pemusnahan alat lab? Alat lab dimusnahkan karena beberapa hal yg tdk bs digunakan lagi, lalu dalam pemusnahannya ada langkah2 yg harus dilakukan sesuai dengan alat yg akan dimusnahkan seperti beberapa cara yg sudah dijelaskan diatas. Pemusnahan tersebut mempunyai tata cara dan standar trsendiri agar tdk berbahaya. Terimakasih.

    BalasHapus


  3. Menanggapi soal no 2.
    menurut saya yang bertanggung jawab dlm pemusnahan alat lab yaitu guru bidang studi yang melakukan praktikum, laboran dan teknisi

    BalasHapus
  4. menanggapi pertanyaan no 1, pemusnahan alat dan bahan belum perna dipelajari dan dilakukan, karena pratikum yang dilakukan pada sekolah tingkat dasar masih sederhana dan tidak menggunakan bahan yang berbahaya, juga alat yang digunakan pun juga masih sederhana, seperti mikroskop, objek gelas dan gelas ukur. sekian

    BalasHapus
  5. Menanggapi pertanyaan ke 2 yaitu Siapakah yang bertanggung jawab dalam pemusnahan alat dan bahan di laboratorium?
    Yang bertanggungjawab untuk melakukan pemusnahan alat dan bahan adalah Laboran atau guru IPA dan memberikan informasi atau mengikut sertakan Peserta didik untuk ikut melakukan pemusnahan alat dan bahan supaya peserta didik faham terhadap apa yang seharusnya dilakukan.

    Salam
    Agung Laksono

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum.
    Siapakah yang bertanggung jawab dalam pemusnahan alat dan bahan di laboratorium?
    Menurut saya yang bertugas dlm pemusnahan
    Alat n bahan yg tidak terpakai adalah orang-orang yang ikut serta dalam pengelolaan labor. Seperti laboran,Guru ipa dan teknisi

    BalasHapus
  7. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan no 1 yaitu Sudahkah di sekolah tempat anda mengajar melakukan pemusnahan alat dan bahan seperti diatas? Jelaskan! Disekolah tempat saya mengajar di SMP N 7 Kota Jambi untuk pemusnahan alat dan bahan laboratorium IPA tidak terpakai adalah dengan pembuangan langsung dari laboratorium untuk bahan yang telah kedaluarsa sedangkan untuk alat yang tidak terpakai disimpan didalam gudang

    BalasHapus
  8. 2. Siapakah yang bertanggung jawab dalam pemusnahan alat dan bahan di laboratorium?
    untuk pemusnahan alat-alat berbahaya dalam laboratorium hendaklah dilakukan oleh orang yang benar-benar mengerti alat-alat tersebut agar dia bisa memilah mana alat yang bisa di musnahkan dengan cara di bakar ataupun di kubur.

    BalasHapus
  9. Menanggapi pertanyaan nomor 2, yang bertanggung jawab dalam pemusnahan alat dan bahan di laboratorium yaitu guru pembimbing yang menggunakan laboratorium dan seluruh siswa yang melaksanakan praktikum di laboratorium tersebut.

    BalasHapus
  10. Siapakah yang bertanggung jawab dalam pemusnahan alat dan bahan di laboratorium? menanggapi pertanyaan ini,menurut saya yang bertanggung jawab dalam pemusnahan alat dalam laboratorium yang tidak terpakai adalah laboran atau guru bidang studi yang memiliki kompetensi, dan keterampilan tentang alat - alat laboratorium yang ada

    BalasHapus
  11. 2. Siapakah yang bertanggung jawab dalam pemusnahan alat dan bahan di laboratorium?
    Menurut saya yang bertanggunga jawab dalam pemusnahan alat dan bahan di laboratorium adalah kepala lab, laboran dan teknisi dengan persetujuan kepala sekolah.

    BalasHapus
  12. Siapakah yang bertanggung jawab dalam pemusnahan alat dan bahan di laboratorium?
    yang bertanggung jawab tentunya pengelola, laboran , penyedia bahan dengan melalui audit atau pemeriksaan, artinya memang barang yang tak terpakailah yang dimusnahkan

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum, saya mencoba menanggapi pertanyaan nomor 1, untuk pemusnahan disekolah saya belum diterapkan, karna keterbatasan alat dan bahan. sehingga dipergunakan dengan baik jadi belum ada pemusnahan, mungkin 10 tahun kedepan untuk pemusnahan alat bisa diterapkan. terima kasih

    BalasHapus
  14. Menanggapi pertanyaan no 2.
    Menurut saya pihak yang bertanggung jawab dalam proses pemusnahan alat & reagen yang tidak terpakai adalah Pertugas/personil yang telah ditunjuk dan diberi tugas oleh kepala sekolah atau kepala laboratorium, dimana petugas tersebut sudah memiliki keahlian, penggalaman dan terlatih dalam melakukan tugas tersebut. Biasanya adalah laboran/teknisi di laboratorium . Guru pun juga bisa melakukan pemusnahan alat & reagen tersebut asalkan memilki izin, keahlian dan berpengalaman dalam memusnakan alat laboratoirum

    BalasHapus
  15. pertanyaan no 2, menurut saya sebaiknya orang yang mengetahui metode pembuangan limbah dan bagaimana mengelola masing-masing limbah tersebut. ada pengelola lab, laboran, dan guru bidang studi.

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum saya mencoba menanggapi pertanyaan nomor 2,/yang bertanggung jawab atas pemusnahan alat labor adalah kepala labor.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA

Pengetahuan Laboratorium IPA